Peringati Hari Paskah, KMK ISI YK Berbagi Acara Terbuka

Sabtu, 26 april 2014 bertempat di Plasa Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta berlangsung acara yang diselenggarakan oleh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik). Acara yang sedianya berlangsung dari tanggal 26 – 27 April 2014 merupakan salah satu bentuk memperingati  hari paskah umat nasrani. Tema yang diangkat kali ini adalah mengenai alam, dengan judul acara “Debu kembali ke alam”. Debu direpresentasikan sebagai manusia karena manusia nantinya akan kembali dengan alam. Acara tersebut berlandaskan pada permasalahan Indonesia yang akhir-akhir sedang dilanda banyak bencana alam, sehingga muncul inisiatif dari panitia untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya kesinambungan hidup antara alam dan manusia. Harapan lain yang juga ingin disampaikan oleh panitia adalah timbulnya simpati dan empati dari masyarakat terhadap alam melalui berbagai macam tindakan nyata seperti yang telah diusahakan oleh panitia melalui acara ini dan bagi masyarakat melalui berbagai macam cara yang dapat mereka realisasikan dalam kehidupan keseharian mereka.

Format acara yang diselenggarakan adalah acara terbuka dengan maksud agar dapat menjangkau semua lingkup masyarakat. Hal tersebut didasarkan pada pentingnya peranan masyarakat dalam rangka melestarikan alam yang saat ini mengalami banyak permasalahan.  Rangkaian acara yang diadakan dua hari ini meliputi berbagai macam acara yang diawali dengan dibukanya acara oleh  Rektor ISI Yogyakarta Prof. Dr. A.M. Hermien Kusmayati, SST.,SU. dan dimeriahkan oleh band akustik serta berbagai kegiatan lainnya, seperti pameran seni rupa dengan tema Jalan Salib, kuliah umum yang di isi oleh Sumbo Tinarbuko dan juga Romo A. Hari Kustono, Pr. Rangkaian acara lain yang juga berlangsung pada hari pertama adalah lomba cerdas cermat Alkitab, dan bazaar terbuka.

Hari kedua acara akan berlangsung berbagai kegiatan dan diakhiri dengan malam pentas seni yang dimeriahkan band KMK, OMK dan berbagai komunitas lainnya. Terselenggaranya acara tak lepas dari beberapa kendala, baik yang bersifat teknis maupun permasalahan klasik berupa pendanaan. Namun hal itu dapat teratasi dengan kinerja panita yang solid dalam mengusahakan berbagai hal yang dapat dikerjakan oleh masing-masing anggotanya.

Belajar dari kesuksesan acara yang telah terselenggara diharapkan acara sejenis kedepannya bisa terlaksana kembali dengan lebih banyak kebaikan yang dapat ditampilkan. Kepada kami (red) selaku ketua panitia Stephani  sapaan akrabnya mengutarakan meskipun terdapat kendala dalam penyelenggaraannya namun dirinya menyampaikan bangga dan terima kasih atas semua capaian dari kawan-kawan KMK dan besar harapannya agar semangat kawan-kawan KMK tetap terpelihara dan dapat ditularkan pada civitas akademik lainnya. “Semoga paskah bersama KMK ini bisa bermanfaat bagi semua kalangan, baik KMK di luar kampus ISI dan juga bagi anggota kami agar lebih solid, lebih mengerti bahwa ini lho kami memiliki keluarga yang peduli” imbuhnya. Selain itu ia juga menyampaikan apa yang menjadi tujuan dari KMK dari berbagai program kerjanya yakni agar dapat merangkul KMK dari kampus lain di yogyakarta dalam menunjukkan identitasnya. (FP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *