Entol’s and Friend’s Concert in the Living Room

Sewon – 5 mei 2014, bertempat di auditorium jurusan musik Institut seni Indonesia Yogyakarta berlangsung sebuah acara resital music Entol’s and Friend’s Concert in the Living Room dengan tema Soul and groove On my Head. Enthol’s and Friend’s Sendiri adalah kelompok yang beranggotakan dari mahasiswa jurusan musik dengan berbagai latar belakang konsentrasi musik yang menjadi pengisi acara dengan maksud mensukseskan  resital ini. Resital tugas akhir ini merupakan kegiatan kurikuler yang biasa dilakukan diperguruan tinggi seni khususnya bidang musik sebagai syarat untuk menempuh gelar Sarjana strata satu.

Entol Hikmat Khalifatuddien yang akrab disapa chimotz oleh kawan-kawannya, selaku resitalis mengusung tema Soul and groove on my head didasarkan pada maksud dari repertoar-repertoar yang bernuansa Soul dan juga Groove. Hal itu juga dapat dilihat dari karya-karya yang ditampilkan yang memiliki nuansa yang demikian, seperti Night Rhytem karya Lee Ritenour. Selain itu, beberapa repertoar lain yang dimainkan dalam resital ini secara khusus mengekspresikan beberapa style musik diantaranya Jazz, Fussion, Rock, dan Pop. Dengan konsep tata kelola panggung yang dikemas dalam tema Living Room dimaksudkan agar dapat mendukung tema yang di usung.

Selain beberapa karya dari musisi lain dalam resital ini juga turut ditampilkan karya dari Entol sendiri yakni Mr. Groovy dengan genre Jazz Rock yang menggambarkan kehidupan seorang yang riang dengan alur hidupnya yang selalu menarik dan fleksibel. Karya Entol lain yang juga ditampilkan dalam pagelaran ini adalah Our Smile in the Afternoon dengan jenis musik Pop, dalam lagu ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak akan sebuah kenangan masa lalu, saat bersama keluarga dalam suasana hangat di sore hari. Acara berlangsung dalam dua sesi dengan masing-masing sesi ditampilkan empat buah repertoar.

Diakuinya oleh Entol Proses penggarapan karya-karya yang ditampilkan dalam acara ini memakan waktu dua bulan di mulai dari awal yang meliputi aransemen, latihan, pembuatan karya juga hingga berlangsungnya acara. Dalam penggarapan karya ini Entol melibatkan banyak pihak seperti teman-teman dari string, Brass, Vocal. Sementara dalam pergelaran yang berlangsung Entol melibatkan Hima Musik, Jurusan Musik, dan Juga Pengelola Auditorium. Secara Khusus Ia menyampaikan rasa terima kasihnya seperti yang Ia sampaikan pada Kami (Red) “Terima Kasih Pada Tuhan Yang Maha Kuasa, Kepada Keluarga, Kepada teman-teman yang luar biasa dan semua pihak yang mendukung suksesnya acara”.

Pelaksanaan resital yang berlangsung dengan meriah ini diharapkan dapat memperluas wawasan dan memberikan motivasi mahasiswa dalam membuat suatu acara pagelaran musik. Susah senang selama waktu penggarapan menurutnya terbayar sudah oleh suksesnya acara. Untuk kedepannya ia merencanakan untuk mengemas karya dalam bentuk album dan bagi dirinya berkarya merupakan sebuah keharusan yang sehingga memotivasi dirinya untuk terus berkarya.(FP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *