“Paket Hemat” Musik Klasik

Yogyakarta- Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISIYK) kembali menggelar konser musik klasik Yogyakarta International Chamber Musik Festival (YICMF) untuk yang ke-5 kalinya. Acara yang dihadiri oleh artis luar dan juga artis asal Indonesia ini turut meramaikan Dies Natalis ISIYK ke XXX bertempat di Gedung Concert Hall ISIYK, berlangsung pada tanggal 24-25 Mei 2014.

Konser YICMF yang telah disiapkan sekitar kurang lebih lima bulan  ini menghadirkan konser musik klasik dengan konsep paket hemat dengan format Chamber. Konsep ini dipilih untuk menarik minat penonton yang sampai saat ini masih kurang terhadap musik klasik. Selain itu, upaya paket hemat ini adalah usaha untuk tetap memberikan penghargaan terhadap musik klasik sehingga penonton cukup dengan membeli tiket seharga Rp 25.000,- dapat menyaksikan konser musik klasik yang dihadiri pula oleh berbagai macam musisi dari dalam dan juga dari luar Indonesia serta mahasiswa jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan dari berbagai angkatan.

“Pihak kami mengundang artis luar sebenarnya hanya bermodal keberanian. Dan ternyata dari artisnya sendiri sangat antusias dan tertarik untuk bergabung dengan menggunakan biaya pribadi,” terang Ayub Prasetyo, Sekretaris Jurusan Musik pada saat ditemui di break time konser.

Kesediaan secara sukarela dari musisi luar negeri ini adalah hasil dari relasi baik secara pribadi maupun lembaga dari pihak penyelenggara. Konser musik yang memiliki lima orang panitia ini bekerja sama dengan Jakarta Art sekaligus dalam hal mengundang musisi dari Jakarta.

“Dengan adanya konser-konser semacam ini juga untuk membawa nama ISI agar lebih dikenal di kancah internasional,” jelas Ayup Prasetyo yang sangat mengapresiasi dukungan dari kampus terutama ketika Ketua Dies Natalis yang bersedia hadir ditengah kesibukannya sampai acara selesai.

Tidak hanya melebarkan nama ISI di kancah internasional, acara ini juga menurut Muhammad Ainul Haqi sebagai salah satu pengisi acara dari jurusan Musik angkatan 2013 juga mendapatkan pengalaman berharga sekaligus dapat belajar dari musisi-musisi lainnya. Pada acara YICMF ini, Ainul berkesempatan untuk menampilkan tiga repertoar bersama teman-teman jurusan Musik lainnya.

Konser musik klasik yang dapat digolongkan acara yang cukup besar ini mendapat sambutan hangat dari pengunjung yang sengaja hadir dari luar negeri untuk menonton. Salah satu pengunjung asal London, Liz mengungkapkan bahwa acara ini luar biasa dan mahasiswanya juga sangat kreatif.

“It’s very nice,” tambah Liz ketika ditanya mengenai konser musik klasik minggu malam lalu. Tidak hanya itu saja, pengunjung dari ISI YK sendiri, Denis yang pernah menjadi pengisi acara YICMF tahun lalu, mengatakan konser musik klasik saat ini lebih bervariatif dan banyak mendatangkan artis-artis. “Namun, menurut saya acara malam ini masih kurang publikasi,” tambah Denis mahasiswa jurusan Musik 2010. (AA)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *