Home Concert Bertajuk “Interelasi”, Penyatu Diri dalam “Nafas Tari”

IMG_0607YOGYAKARTA – Riuhnya tepukan penonton meramaikan Home Concert Tari angkatan 2013 di Pendopo Tari ISI Yogyakarta, (31/10). Home concert merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun bagi mahasiswa tari semester lima. Berangkat dengan mengusung tema Interelasi, melahirkan sebuah karya berjudul Nafas Tari, sebuah ungkapan perjuangan untuk menyatukan rasa dari berbagai elemen.
Mereka (Angkatan Tari 2013) bertemu pertama kali di ISI Yogyakarta dengan latar belakang dan kemampuan berbeda yang memunculkan konflik seperti senioritas, junioritas, kurang percaya diri, perbedaan dan kesombongan. Selama dua tahun berproses bersama, mereka telah mendapatkan banyak hal yang kemudian ditampilkan dalam sebuah karya. Dari hal itulah, mereka belajar menyamakan kemampuan dan perbedaan satu sama lain, dalam satu angkatan. Agatha Irena Praditya, Pimpinan Produksi Home Concert Tari 2013 mengutarakan bahwa Interelasi bercerita akan kesombongan dan perbedaan yang di-instropeksi menjadi satu kesatuan. Satu titik, satu rasa, dan satu tujuan.
Sekretaris Jurusan Tari dan Pembimbing, Dindin Heryadi, M.Sn berpendapat, ada satu tantangan dalam proses karya ini, bagaimana sulitnya menyatukan ide-ide kreatif, pengaturan jadwal latihan yang harus mengakomodir orang mahasiswa dan juga harus membagi waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah. ”Inilah kerja keras mereka untuk bisa menampilkan karya terbaik yang kita saksikan bersama malam hari ini,” tegasnya saat menyampaikan sambutan.
Harapannya, dengan diadakannya acara ini, menjadikan pengalaman berharga selama berproses membuat produksi tari dengan melibatkan banyak orang, dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan di antara mahasiswa angkatan 2013. Karya-karya seperti inilah yang nantinya akan menjawab tantangan di luar, yang mana kompetisi pelaku seni akan semakin tinggi daya kompetitifnya. Karya yang mampu bersaing di kancah pasar dengan nuansa-nuansa baru namun tetap mencerminkan idium-idium seni Nusantara sebagai jati diri orang Indonesia.
Sabagai ucapan selamat, Drs. Winarjo Sigro Tjaroko, M.Hum selaku Pembantu Dekan III memberikan karangan bunga kepada Pimpinan Produksi, Agatha Irena Praditya. Selamat Nafas Tari. Selamat Tari Angkatan 2013. Tetaplah bersatu dalam karya-karya kreatifmu. (ss)

Teks: Susy Susanti
Foto: Dok. Nafas Tari

Satu pemikiran pada “Home Concert Bertajuk “Interelasi”, Penyatu Diri dalam “Nafas Tari”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *