Pameran Seni Rupa Sebagai Wadah Berekspresi Pecinta Otomotif

Sebuah pameran bertemakan otomotif bertajuk ‘Pameran Seni Rupa Art Riders, Live Cycle’, diinisiasi oleh mahasiswa ISI Fakultas Seni Rupa angkatan 2012, para anggota Motor Antik Club (MAC) Yogyakarta, serta para seniman lainnya. Bertempat langsung di Workshop Java & Co, Pedukuhan Geneng, Kabupaten Bantul. Beberapa orang yang terlibat dan ikut berperan dalam terselenggaranya pameran ini diantaranya; pemilik dari Workshop Java & Co. yaitu Popo, Ketua MAC yaitu Nanang, salah satu anggota MAC yaitu Fajar, alumni ISI Yogyakarta, serta para seniman dan pecinta otomotif lainnya. Pameran ini dibuka pada Jumat malam (29/4), oleh Fajar selaku perwakilan dari MAC.


Pameran Seni Rupa Art Riders bermula dari gagasan awal lima mahasiswa Seni Patung angkatan 2012 yang telah terbiasa mengadakan pameran karya dengan berbagai tema lain. Terbesit kemudian satu kegelisahan berupa keinginan untuk mengadakan pameran lain yang berbeda dari biasanya. Berhubung mereka merupakan peminat otomotif, maka muncul satu inisiatif untuk mengadakan pameran karya yang masih dalam lingkup otomotif. Pameran Art Riders ini merupakan awal dari penyelenggaraan Art Riders kedua. Bio Andaru mengatakan, “Pameran ini juga bertujuan sebagai sarana untuk menggalang jejaring, mencari dan memperbanyak link guna mempersiapkan pengerjaan Art Riders kedua agar lebih matang dan terkonsep. “Bayanganku, dengan acara yang sederhana sebagai permulaan dan melibatkan orang-orang yang berpengaruh dalam dunia motor, ini adalah titik kecil untuk berupaya membuat sebuah lingkaran besar,” kata Bio.
Sebagai langkah untuk memaknai tema otomotif dalam pameran ini, konsep yang diterapkan adalah bebas. Tidak ada aturan yang mengikat seniman untuk membuat karya tertentu. Art Riders menghadirkan beragam jenis karya meliputi, seni patung, seni obyek, lukis, ilustrasi, dan recycle spare part motor. Para seniman yang berpartisipasi dalam pemaren tersebut adalah Reka, Bowo, Sigit Bapak, Imam Abdillah, dan beberapa seniman lain.


Harapannya, acara Pameran Seni Rupa Art Riders ini dapat menjadi media antar pecinta motor untuk berkumpul dan saling kenal satu dengan yang lain. Selain itu juga sebagai permulaan bagi pameran Art Riders kedua agar menjadi lebih baik dan matang. “Di sini kan aku menjalin satu hubungan kepada para bikers senior di jogja. Untuk event kedua, aku bisa membuat konsep pamerannya lebih luas, lebih ramai, lebih banyak sponsor yang membantu, dapat menggali lebih jauh dari konsep yang sudah ada. Selain itu juga pameran ini dapat digunakan sebagai modus untuk kumpul-kumpul dan silaturrahmi antar bikers atau pecinta motor,” pungkas Bio Andaru. (Miftachul Arifin / TV15)

2 pemikiran pada “Pameran Seni Rupa Sebagai Wadah Berekspresi Pecinta Otomotif

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *