Art Effect #6

Praktisi seni, atau umumnya, dikenal sebagai kurator, merupakan perantara antara seniman dengan masyarakat. Perannya yang cukup penting dalam dunia seni khususnya seni rupa sekarang ini menjadi sorotan Pressisi. Selain menghadirkan bahasan perihal kurator, Art Effect edisi ke enam juga membahas mengenai profesi dalam seni terkait wacana kritik dan apresiasi seni, Sanggar Bambu dan seniman-seniman yang mampu menginspirasi, serta sedulur sikep Samin yang masih kental dalam menjaga warisan budaya.

Seni tidak pernah lepas dari kehidupan masyarakat, terlepas sebagai penggiat maupun penikmat. Keduanya saling memiliki ketergantungan satu sama lain. Namun, ada yang sering melupakan pihak yang berada di antara keduanya. Dialah kurator, seorang yang dapat menjadi perantara antara seniman dengan masyarakat. Perannya yang cukup penting dalam dunia seni khususnya seni rupa sekarang ini menjadi sorotan Pressisi. Sebab kehadirannya menimbulkan pro kontra tersendiri di beberapa kalangan.
Art Effect edisi ke enam ini, sengaja menghadirkan bahasan perihal kurator di Indonesia sebagai liputan utama. Tidak hanya kurator, bahasan mengenai profesi dalam seni pun diulas pada rubrik Refleksi terkait dengan wacana kritik dan apresiasi seni. Majalah kampus Institut Seni Indonesia Yogyakarta tahun 2016 ini pun menghadirkan liputan mengenai praktik berkesenian di Yogyakarta seperti bahasan mengenai Sanggar Bambu dan seniman-seniman yang mampu menginspirasi dalam rubrik Ensiklopedia dan Inspirator.
Pembaca juga diajak untuk mengenal sedulur sikep Samin. Masyarakat yang masih kental dalam menjaga warisan budaya dengan tetap teguh menjaga prinsip kehidupan tersebut dikenalkan dalam rubrik Sibak Tradisi. Acara besar di Yogyakarta yaitu Festival Kesenian Yogyakarta 2015 tidak luput dibicarakan di majalah. Serta beberapa tulisan lain yang semoga dapat memberikan manfaat informasi. Selamat membaca. Tetap menjaga kelestarian seni dan budaya Indonesia.
Redaksi

Majalah Art Effect #6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *