Majalah PJTL 2016

Sebuah perkampungan atau pedesaan selalu identik dengan suasananya yang alami, tenang, dan asri. Hal itu dibuktikan engan masih benyaknya area pertanian dan perkebunan yang juga cukup luas. Mayoritas penduduk di salah satu daerah lereng Gunung Merapi, Dusun Randu, Kaliurang, Kabupaten Sleman, lebih senang memilih ber- tani. Menurut Wanto selaku Ketua RT setempat, dapat dikatakan seluruh penduduk di Dusun Randu memiliki petak sawah masing-masing. Meski begitu, beberapa orang masih meluangkan waktunya untuk menjadi pekerja di cabang usaha lain. Di antaranya adalah perkebunan dan budidaya. Perkebunan tersebut berupa kebun salak dan cabai rawit. Sedangkan dalam budidaya, du- lunya terdapat budidaya jamur, yang saat ini telah berfokus hanya pada pembibitan. Pembibitan ini di jalankan dalam bentuk sebuah perusahaan kecil. Terdapat sebuah kabar yang berhembus di antara para warga, yaitu adanya ide pengubah- an pedesaan ini menjadi sebuah desa wisata. Ide tersebut muncul lebih kurang saat tiga tahun yang lalu. Namun beberapa bulan setelah rencana terse- but dibuat, terjadi sebuah kesulitan yang berasal dari lingkungan di sekitar titik pembuatan wahana pariwisatanya. Hal itu menyebabkan rencana desa wisata dibatalkan.

Kabar rencana pembuatan desa wisata tersebut kembali terdengar baru-baru ini. Dengan timbulnya kembali rencana itu, warga mulai merintis kembali upaya-upaya untuk mendukungnya. Seperti membuat komunitas baru guna mengatur adminis- trasi dari perintisan itu.

Redaksi

Majalah berikut merupakan bentuk produk dari hasil kerjasama salah satu kelompok dalam program lanjutan pelatihan jurnalistik, atau biasa disebut Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) pada tahun 2016.

Majalah – Kulturpedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *